Minggu, 28 Februari 2016

TIPS LULUS UJIAN Pelatihan Barang Jasa

Alhamdulillah diberi kesempatan untuk merasakan padatnya materi pelatihan plus tegangnya ujian pengadaan barang jasa :D

Berikut ini tips yg saya lakukan sebelum ikut ujian :
1. Saat pelatihan yg hanya 3 (tiga) hari, simak materi dng baik. Waktu yg hanya sedikit memang tdk akan sebanding dng padatnya materi. Tapi Widyaiswara suka memberikan ringkasan yg mudah dimengerti.
2. Catat contoh-contoh soal yg sering diberikan widyaiswara saat memberikan materi. Ini sangat bergunaaaaa, lbh mudah mengerti materi dan ada beberapa yg keluar saat ujian
3. Lakukan banyak latihan soal, saya coba search by google dan menemukan blog Pak Heldi : www.heldi.net
Ini blog sangaaaaaat bermanfaat, alhamdulillah menemukannya. Makasih yaa pak, ilmu yg dishare sangat bermanfaat. Saya mencoba semua latihan soal yg ada di blog ini dan membantu menguatkan mental dan memahami materi plus ada beberapa soal yg mirip saat ujian :D
4. Tandai buku materi yg diberikan saat pelatihan, buat stick note letak2 materi yg penting. Saat ujian boleh open book tetapi kalau kita tdk tau posisinya maka seperti mencari jarum dalam jerami,hanya membuat panik dan ga akan dapat jawabannya.
5. Lebih baik bawa Peraturan yg terkait, contoh Perpres 54 Tahun 2010 beserta keempat perubahannya. Buku ini juga boleh kita bawa saat ujian tapi tetap harus ditandai yaa letak-letaknya.
6. Minta doa dari orang-orang tersayang,ridha mereka menjadi jalan sukses kita insyaAllah :)))) minta doa suami,doa ibu kandung dan ibu mertua,doa ayah dan ayah mertua,doa kakak adik dan doa anak.
6. Tidur yg cukup, minum air putih yg banyak, berangkat dan mengerjakan ujian dng niat baik, bismillah yaaa...insyaAllah anda akan sukses.

Lalu ini tips saat hari ujian :
1. Sarapan dulu dan bawa air putih. Ujian memakan waktu sekitar 3 (tiga) jam jd pastikan perut tdk kosong agar lbh konsentrasi.
2. Datanglah diawal waktu krn ujian dimulai ontime.
3. Simak dan ikuti instruksi panitia ujian, seperti: hp harus dimatikan, kapan mulai memegang komputer, kapan waktu boleh tanda tangan pakta integritas, bagaimana simulasi menjawab soal, dll.
4. Bawa identitas diri yg asli seperti KTP karena saat ujian akan dicek apakah data kita sesuai. Dilarang menjadi atau menyuruh joki! NO!
5. Mulai ujian dengan bismillah.
6. Perhatikan waktu yg tertera di komputer, waktu 2 (dua) jam akan terasa cepat.
7. Ada 90 (sembilan puluh) pertanyaan. Yg terdiri dari 3 tipe. Tipe 1 : Benar Salah sebanyak 30 soal. Nilainya 2 per soal. Artinya kalau benar semua maka nilai 60. Tipe 2 : Pilihan Ganda sebanyak 50 soal. Nilainya 3 per soal. Artinya kalau benar semua maka nilai 150. Tipe 3 : Contoh Kasus sebanyak 10 soal. Artinya kalau benar semua maka nilai 40. Sehingga total skor adalah 250. Dan tidak ada sistem minus! Jadi jawab semua soal yaaa, jng ada yg dikosongkan. Nilai minimal untuk lulus adalah 167.
8. Triknya adalah : isilah dulu soal pilihan ganda, soal dr nomor 31-80. Karena kalau benar semua maka sdh mengantongi 150 poin. Lalu lanjutkan dengan soal kasus lalu terakhir soal benar salah.
9. Bacalah soal kata-per kata dengan teliti, hati-hati banyak jebakannya. Jadi kuncinya adalah TELITI. Banyak mencoba latihan soal sebelum ujian akan membantu kita membaca soal lebih teliti.
10. Hati-hati, jangan mengklik tombol sudah selesai yg ada di pojok kanan atas apabila belum selesai! Krn kalau ke klik maka anda akan langsung keluar dan hasil keluar walaupun soal belum dijawab.
11. Setelah selesai menjawab semua soal, apabila msh ada waktu tersisa, periksa ulang kembali semua jawaban dengan teliti. Pastikan semua sdh terisi dan yakin dengan jawabannya.
12. Selesai, bismillah klik tombol selesai dan hasil akan langsung keluar!

Semoga bermanfaat dan berhasil yaa :)))

Ohiya gambar dibawah ini saya screenshoot dari blog Pak Heldi. Silahkan berkunjung langsung ke blog beliau yaa :D

Bumi-Nya, 28 Feb'16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar