Sabtu, 14 September 2013

pembuatan KARTU KUNING (dulu) alias AK1 yang menyenangkan

bismillah...mau share ^____________^ smg bermanfaat

sekarang kartu kuning udh berubah nama jadi KARTU AK-1 dan warnanya udh berubah jadi putih (halah...)

berhubung KTP domisili bandung, jd share pembuatan kartu AK-1 ini di Bandung yaah

1. Daftar secara ONLINE, yuhuuu skrg langkah pendaftaran bisa lbh mudah krn bisa milih via online.
> Klik : http://disnakerkotabandung.or.id/ pilih "pelayanan online" lalu klik "pendaftaran AK1 online"
> Isilah data-data disana, mulai dari NAMA LENGKAP sampai KODE CHAPCA, lengkap semua lalu klik "DAFTAR AK1"
> Akan muncul kode REGISTRASI, artinya sudah BERHASIL (yeaah alhamdulillah ^__^)
> Catat nomor registrasi tersebut diselembar kertas, tulis yg gedeee kata Ibu Petugas di Disnaker

2. Datanglah ke DISNAKER KOTA BANDUNG : Jl. Martanegara No. 4 Bandung, Telp. 022-7311330 / 022-7313130 , dengan membawa berkas-berkas:
> Kertas bertuliskan NOMOR REGISTRASI online (yg diatas = lihat lagi poin 1)
> Fotokopi IJAZAH TERAKHIR (ga dilegalisir jga gpp kata Ibu Petugas di Disnaker)
> Fotokopi KTP 
> Foto Berwarna ukuran 3x4 = 2pcs (saran aja, bawalah lebih untuk jaga-jaga dan ternyataaa kdg terpakai lho)
Keempat berkas diklip atau distreples biar ga tercecer yaaa (ga usah pake map gpp kok)

3. Sampai disnaker, ada dua jenis antrian. antrian diruang depan untuk orang-orang yang mengurus kartu AK1 secara manual (ga daftar via online sebelumnya), lewatin ajaaaa (hehee...). 
Langsung masuk keruangan yang lebih dalam, dimana antrian lebih sepi (yeaaah). Ada Ibu Petugas yang baiiiiik hati disitu, makasiih yaa Bu, sii Ibu ngasih penjelasan dan mengarahkan kalo kita bingung lhooo ^__^

4. Serahkan berkas kita (poin no.2 diatas) ke Ibu petugas. Lalu kita isi lembar biodata diatas meja (posisinya dkt sii Ibu). lalu duduk manis, menunggu nama kita dipanggil (simpel kaaan). 

5. Setelah nama kita dipanggil, itu artinya kita diberikan KARTU AK1 yang "setengah jadi". kita pegang kartunya lalu masuk keruangan kecil yg lebih dalam lagi (hadeuh...ga ada nama ruangannya jd bingung) sambil bawa 1pcs foto berwarna 3x4. didalam rungan tersebut kita tempelkan foto lalu minta cap ke petugas disana. lalu bawa KARTU AK1 tsb, pergilah keluar ruangan (gerah soalnya didalam,hehee...bukaaan). Carilah tukang fotokopi terdekat.

6. Fotokopi ada di halaman belakang disnaker, jadi mudah dijangkau. tapi kalau antrian membludak, ada satu tempat fotokopi diseberang jalan kantor disnaker. disana kita udh dikasih paket fotokopi untuk KARTU AK1 10 lembar = 4000 (wew...mumpung yaa pak naikin harga hik...kan kami msh mencari pekerjaan).

7. Hasil Fotokopi lalu dilegalisir diruangan dalam tadi (tempat nempel foto sama cap), serahkan saja pada petugas khusus legalisirnya didalam. Lalu tungguin dng manis sampai nama kita dipanggil lagi, yg artinyaaaa fotokopi KARTU AK1 sudah beressss (yeaah alhamdulillah ^___^)

DAAAN semua proses ini TANPA MENGELUARKAN BIAYA SEPESER PUN KE PIHAK DISNAKER ^___^ huaa baiknya para staf negara ini, terima kasih yaa Bapak Ibu. padahal dalam satu hari pembuatan KARTU AK1 bisa mencapai 100-200 orang, jd suasana disana crowded tapi aman terkendali.

DONE, bawalah pulang KARTU AK1 dan fotokopi legalisirnya. Hati-hati diperjalanan dan selamat melamar pekerjaan (umumnya KARTU AK1 untuk melamar CPNS), smg sukses menjadi abdi negara yg benar, aamiin aamiin ^____^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar