Senin, 23 September 2013

VERIFIKASI CPNS KEJAKSAAN 2013

bismillah.... share lagi yaa untuk tmn2 yang mau melakukan verifikasi data CPNS KEJAKSAAN 2013 di KEJATI JABAR. Jadi semua informasi disini berdasarkan apa yang ditetapkan aturannya oleh Kejati Jabar :D
Kalo liat di FB teman2 yg share lainnya ketentuan di masing2 Kejati beda2 yah ternyata. jadi sekali lagi ini hanya share untuk yang verifikasi di KEJATI JABAR, okeeeh ^_____^

1. PAKAIAN
Anda mau mem-verifikasi data, akan diukur tinggi dan berat badan secara perorangan dan artinya akan bertemu PETUGAS KEJAKSAAN langsung, jadi gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan. WAJIB gunakan KEMEJA dan SEPATU. Alhasil hari ini yang pakai kaos dan sandal harus balik kanan pulang disuruh ganti dulu >___<
Petugas juga beberapa kali menegaskan aturan ini melalui speaker. Jadiii..jangan nawar yah. Ohiya tapi Ada juga yang kreatif, karena datang dari kota / kabupaten yang jauh dan ga mungkin pulang dulu, mereka meminjam pada orang yang baru dikenal disana :")

2.  MAP
Jelas tercantum di pengumuman persyaratan bahwa saat verifikasi BAWALAH MAP SESUAI TINGKAT PENDIDIKAN. Dan ternyataaa....masih banyak banget yang ga bawa map >_____<
Disana banyak penjual yang menawarkan map, tapi jangan tanya harganya, dari map seharga 1000/1500 per pcs akan dijual mulai dari 5000-10.000/pcs (MAHALLL). jadi jangan merugikan diri sendiri yah :")

> Sesuaikan warnanya:
 S.1 Hukum (Jabatan Fungsional Calon Jaksa) warna merah
 S.1 Ekonomi/Akuntansi (Jabatan Fungsional Calon Auditor) warna putih
 D.III Komputer (Jabatan Fungsional Calon Pranata Komputer) warna hijau
 D.III Ekonomi/Akuntansi (Jabatan Fungsional Calon Auditor) warna kuning
 SLTA atau sederajat warna biru

> bawalah map 2 pcs
> formulir pendaftaran ditempel di depan map, di kedua map yah jangan hanya satu map
> 1 map berisi sebundel berkas, urutkanlah berkas tersebut sesuai dengan urutan ceklist di formulir pendaftaran untuk memudahkan proses verifikasi.
> jadi total berkas yang terpakai hanya 2 bukan 4, okeh

3. MATERAI
Kesimpangsiuran jumlah materai jadi masalah bagi peserta, akhirnya pada saling beradu argumen di FB sampai ketika berbaris di antrian. Situasi ini yang dimanfaatkan penjual materai dadakan disana. Karena ragu-ragu atau ketidaktauan peserta hampir semua berkas diberikan materai atau ada yang lupa bawa materai, padahal kalau baca persyaratannya dengan teliti hal ini tidak perlu terjadi.
Tahukah anda bahwa harga materai 6000 saat verifikasi ini dijual berapa? mulai dari 10.000-15.000/pcs >____< super mahalllll, tapi karena butuh maka tetap dibeli.

> materai diperlukan pada : SURAT LAMARAN dan SEMUA SURAT PERNYATAAN
(untuk D3 dan SMA surat pernyataan ada 3, sedangkan untuk S1 surat pernyataan ada 2)
jadi total yang dibutuhkan adalah 4 materai untuk peserta D3 dan SMA sedangkan 3 materai untuk lulusan S1.
> pertanyaan selanjutnya, kan diminta rangkap dua. Yaaaap betul, jadi berkas asli yang sudah ditempel materai tadi, silahkan difotocopy. Anda tidak perlu mencantumkan materai asli rangkap dua, irit kaaaan ^____^
> bagi anda yang sudah terlanjur menempelkan 8 materai (untuk D3/SMA) dan 6 materai (untuk S1), gapapa ga usah dilepas lagi juga, tetap diterima kok oleh petugas. hanya sayang kan biaya yang dikeluarkan lebih mahal :")


4. DRH (Daftar Riwayat Hidup)
Formulir DRH ini yang buat heboh hari pertama verifikasi, peserta yang udah rameee banget sejak jam 7 pagi, udah ngantri 1-2 jam tiba tiba bubar balik kanan, terus terjadi seperti itu ngantri-bubar, ngantri-bubar hingga dzuhur karenaaaa banyak yang tidak tahu bahwa DRH sudah ada blangkonya >____<
blangko hanya TERSEDIA/ DIJUAL di TEMPAT FOTOCOPY-AN KEJATI JABAR (dekat parkir motor alias dekat dengan tempat antrian peserta).

























> belilah DRH rangkap dua
> isi DRH WAJIB menggunakan tinta hitam (tidak boleh biru), WAJIB dengan HURUF KAPITAL/HURUF BESAR, tidak boleh ditipe-x dan bagian yang kosong diberikan tanda strip -
> tempelkan foto hitam putih 3x4 dibagian depan DRH (ada kotaknya) jadi total butuh 2 pcs
> ohiya yang terakhirrrr, jangan tergiur yah kata2 kalo berkas DRH harus diberikan materai. 
DRH TIDAK PAKAI MATERAI. 
Kebingungan pakai/ tidak materai ini terjadi karena peserta yang ngantri udah pada panik dan kesal udah cape2 ngantri tiba2 bubar karena harus beli dan mengisi dulu DRH (data yang perlu diisinya banyak >___<). Nah karena ini blangko DRH yang lama, dihalaman paling belakang terselip satu lembar surat pernyataan format lama, surat pernyataan ini yang pada ditempel materai, padahal SURAT PERNYATAAN TAMBAHAN TERSEBUT TIDAK TERPAKAI, jadi lepaskan saja blangkonya dari DRH. 
Pengisian DRH hanya ada 6 lembar, bukan 7 lembar
> DRH ini format resmi dari BKN, jadi yang udah tulis tangan DRH dari rumah jangan nawar yaah, diminta ganti sama petugasnya. Daripada udah capek ngantri tapi harus keluar barisan terus ngulang ngantri dari awal lagi, saran saja sebaiknya ketika datang ke Kejati Jabar langsung menuju tempat fotocopy, isi DRH baru mulai mengantri.

5. PENGUMUMAN LAINNYA
> jadwal jam verifikasi, jadi yang baru dateng jam setengah 12 dan liat antrian rame mendingan ga usah ngantri dulu. dijamin jam 12 pada bubar karena istirahat dan jam 13 baru pada mulai lagi. usahakan datang jam 7 pagi biar dapat antrian depan dan cepat beresnya.




> tempat ujian tahap I




Yapz, semoga bermanfaat. Semangat untuk verifikasi, saat berkas-berkas sudah lengkap proses verifikasi dengan petugas juga cepat dan lancar. Sukses yaaah :D


16 komentar:

  1. bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. Pas Photo yang perlu di bawa berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. totalnya jadi 6 :)

      4 ditaruh dalam berkas yang di map

      2 ditempel di masing2 DRH

      Hapus
  3. formulir pendaftaran saya belum di print... gmn?? mohon bntuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau formulir pendaftaran sudah tidak bisa diakses lagi ke web kejagung, mas. sudah ditutup.
      kecuali anda sudah men-savenya sebelum pendaftaran online ditutup kmrn2, apakah sudah disave? kalau iya, tinggal diprint saja dikertas ukuran folio

      Hapus
  4. BB dan TB waktu diukur brapa sis? yang idealnya brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat Ideal versi Rumus BMI: BMI adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).
      BMI = (BB) / (TB) * (TB)
      Misalnya: BB = 70 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (70) / (1.65) * (1.65) = 25.71
      Arti BMI bagi orang dewasa :
      less than 18.5 Underweight
      18.5 to 24.9 Normal weight
      25 to 29.9 Over weight
      30 to 34.9 Obesity 1
      35 to 39.9 Obesity 2
      more than 40 Obesity 3

      kalau untuk verifikasi kejaksaan, BMI anda antara 18-25

      Hapus
  5. untuk map itu kan ada 2, masing2 itu isinya apa aja?

    BalasHapus
  6. iyah mapnya ada dua. satu map isi satu bundel berkas sesuai dengan daftar ceklist yang ada di formulir pendaftaran (bagian C. Kelengkapan Dokumen):
    1. Surat permohonan bekerja ditulis tangan
    2. Daftar Riwayat Hidup ditulis tangan
    3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik yang telah dilegalisir dan
    menunjukan Aslinya
    4. Fotocopy Kartu Identitas yang dilegalisir
    5. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari dokter Puskesmas/Rumah
    Sakit Pemerintah
    6. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dilegalisir
    7. Pas Foto terbaru ukuran 3 x 4 (laki-laki tidak berambut panjang)
    8. Foto Copy Akta Kelahiran yang dilegalisir
    9. Kartu Pencari Kerja (Ak-1) yang diterbitkan Dinas Tenaga Kerja
    10. Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di kantor Kejaksaan seluruh
    Indonesia bermaterai
    11. Surat Pernyataan siap menerima sanksi administrasi, pidana atau
    perdata apabila memberikan keterangan yang tidak benar
    12. Fotocopy sertifikat kemampuan mengoperasikan Komputer yang
    dilegalisir
    13. Surat Pernyataan bersedia untuk tidak menjadi Jaksa

    BalasHapus
  7. Infonya sangat bermanfaat. Terutama bagi para pelamar seperti saya yang untuk pergi ke Bandung membutuhkan waktu 3 jam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ikut sng kalo bermanfaat :) gmna udh dapet kan nomor pesertanya? sukses yaa

      Hapus
  8. share format lamaran kerjanya dong mbak :) msh bingung sm format buat kejaksaannya ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah saya share sejak seminggu yang lalu disini :) http://cuapcuapyudhiza.blogspot.com/2013/09/surat-lamaran-cpns-kejaksaan-2013.html

      sukses yaa

      Hapus